cara semai cutting anggur

Cara Semai Cutting Anggur 100% Berhasil

Cara Semai Cutting Anggur – Banyak orang yang beranggapan bahwa menyemai cutting anggur itu sulit dan mustahil bisa melakukannya.

Analisa Anda salah besar.

Justru, semai cutting anggur itu sangat mudah dan murah. memperbanyak bibit anggur dengan cara vegetatif justru memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan cara generatif seperti semai biji anggur.

Keunggulan perbanyakan bibit anggur dengan cara vegetatif salah satunya adalah dari segi sifat.

Sifat bibit akan sama dengan induknya dan yang tidak kalah penting adalah waktu berbuah.

cara semai cutting anggur
cara menyemai cutting anggur

Bibit anggur yang dihasilkan dengan cara vegetatif lebih cepat berbuah dan menurut pengalaman saya dalam waktu 6 bulan sudah bisa dibuahkan.

Berikut cara menyemai cutting anggur:

  1. Setelah cutting dipangkas/paket diterima, berikan nama jenisnya satu persatu pada cutting tersebut. Ini dilakukan agar kita tidak lupa jenis anggur yang akan ditanam karena tanaman anggur banyak jenisnya.
  2. Pastikan cutting dalam kondisi segar, jika tidak, rendam seluruh bagian cutting ke dalam air sumur selama 2-24 jam. Kalau saya biasanya di rendam selama 8 jam.
  3. Celupkan kedalam larutan fungisida selama kurang lebih 5 detik (jika cutting jamuran, dibantu sikat dengan sikat gigi)
  4. Bilas dengan air sumur kembali, lalu tiriskan air di cutting tersebut sampai kering (tidak lembab) agar tidak mudah terserang jamur.
  5. Potong pangkal batangnya, menyisakan maksimal 1 cm dibawah mata tunas yang paling bawah, pastikan batang yang dipotong berwarna hijau.
  6. Gores 2-4 sisi kulit batang bagian bawah, 1 cm di atas mata tunas sampai 1 cm di bawah mata tunas yang paling bawah.
  7. Celupkan kedalam larutan perangsang akar atau ZPT (baca : Cara membuat ZPT dari Bawang Merah).
  8. Masukkan dan padatkan media tanam ke dalam gelas pop ice atau polybag ukuran kecil sebanyak 3/4 tinggi gelas/polybag, disarankan untuk menggunakan media tanam yang sudah diolah, jika menggunaka kompos, pastikan kompos tersebut sudah di fermentasi.
  9. Taruh cutting di atas media tanam yang sudah dipadatkan tersebut, lalu tambahkan metan sampai mata tunas yang paling bawah terpendam, lalu padatkan.
  10. Siram dengan air sumur kurang lebih 50 ml
  11. Simpan ditempat teduh yang bersirkulasi udara lancar.
  12. Siram jika media tanam bagian bawah terlihat hampir kering.

Sebenarnya ada banyak cara menyemai cutting anggur tergantung pengalaman masing-masing. Ada istilah semai angin, semai air, semai media cocopeat dan masih banyak lagi.

__Terbit pada
Oktober 19, 2020
__Kategori
Tips Budidaya

Penulis: Rudi Prakoso

Hanya sebatas pengangguran junior, sebatas hobi berkelas teri yang penting HEPI hidup tidak sepi