Anggur Indonesia

Mengenal Jenis Anggur Ruby Roman

ANGGURINDONESIA.COM – Jika ada pertanyaan “Anggur apa yang termahal di Dunia?”, mungkin sahabat pengangguran bingung atau tidak tahu. Sampai saat ini, rekor anggur termahal di dunia di pegang oleh anggur asal jepang yaitu Ruby Roman. Anggur ini terjual dengan harga 1,2 juta yen atau setara dengan Rp 155 juta.

Jepang memang dikenal dengan buah-buahnya yang mahal dan berkualitas.

Sobat pengangguran mungkin masih penasaran seperti apa sih anggur ruby roman itu sampai harganya sangat mahal. Yok kita mengenal jenis anggur Ruby roman.

Asal Usul

(pembibitan Fujiminori) [Jepang, Ishikawa]. Ruby Roman (ル ビ ー ロ マ ン, Ruby Roman, Roman Ruby, Ruby Romantic), varietas anggur Jepang, tetraploid (4N).

Ruby Roman adalah varietas anggur berry yang sangat besar, yang ditanam pada 1995 oleh Pusat Penelitian Pertanian Prefektur Ishikawa.

Permohonan untuk pendaftaran varietas diajukan pada tahun 2005, terdaftar sebagai varietas pada tahun 2007. Di Jepang, periode pemasakan awal, panen dimulai dari akhir Juli hingga awal Oktober.

Nama Ruby Roman dipilih dengan memilih dari 639 penawaran umum yang diajukan. Ini dipromosikan sebagai branding yang memanfaatkan varietas ini, nama dan logo Ruby Roman terdaftar sebagai merek dagang untuk mempertahankan kualitas yang tinggi, tanpa hak untuk mentransfer ke pihak ketiga dan mengambil langkah-langkah hukum untuk mencegah kebocoran bahan tanam.

Karakteristik Buah

Cluster besar dengan berat 450 g atau lebih. Berry sangat besar, merah, sedikit lonjong, beratnya 20 g atau lebih.

Kadar gula anggur Ruby Roman adalah 18-22 brix. Tetapi standar rata=rata untuk varietas Ruby Roman memiliki nilai 18 Brix. Dari segi penjualan cluster non-standar tidak dapat dijual, karena anggur Premium jika dijual harus memiliki berat buah 30 g atau lebih per biji.

Anggur Ruby Roman dijual dalam kotak kemasan dengan segel yang memenuhi kriteria kualitas. Lihat gambar perbandingan anggur ruby roman dibawah!. tentu sangat jauh ya dengan jenis isabella yang hanya sebagai rostok.

ruby roman
Dari kiri ke kanan: Ruby Roman, Kyoho, Delaware

Karakteristik buah anggur Ruby Roman memiliki Ketebalan kulit yangsedang, pemisahan kulit dengan daging buah sangat mudah, warna daging buah bening dengan rasa manis yang tinggi, tingkat keasaman rendah, tanpa astringensi.

Berry Ruby Roman sangat kuat melekat erat pada tangkainya sehingga tidak mudah copot.

Distribusi Anggur Ruby Roman

Karena pembatasan lisensi pada distribusi dan karena varietasnya sulit untuk dipelihara, budidaya anggur ruby roman di jepang sangat terbatas dan perlu untuk teknologi yang tinggi untuk membudidayakannya.

Harga Anggur Ruby Roman

Faktanya, jenis anggur Ruby Roman adalah jenis anggur paling mahal di dunia. Dilansir dari laman detik.com bahwa anggur ini terjual seharga Rp 155 jt dalam sebuah lelang di Jepang.

Tentu harga yang sangat Fantastis bukan?

Warna merah merona dengan ukuran sebesar bola pingpong dan rasa manis segar, Ruby Roman ini sudah dirintis sejak 14 tahun lalu di pantai barat jepang. Selama ini mereka mampu menjaga varian ini, tak tergiur untuk mengeluarkan bibitnya berapapun harganya. So, sobat penganguran jangan tanya bagaimana dapatkan bibitnya.

Sumber : Ruby Roman Vinegard

Kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: