cara menyiapkan lahan untuk tanaman anggur

Cara Menyiapkan Lahan Untuk Tanaman Anggur

Cara Menyiapkan Lahan untuk Tanaman Anggur – Persiapan lahan untuk tananam anggur harus lah mendapat perhatian khusus dari pembudidaya atau calon pembudidaya anggur.

Seyogyanya calon petani anggur harus memahami cara menyiapkan lahan yang baik untuk anggur.

Kondisi lahan seperti apa yang cocok untuk tanaman anggur?

Pada pembahasan kemarin saya menyampaikan tentang jenis tanah yang cocok untuk tanaman anggur. Dalam tulisan itu disampaikan tanah seperti apa yang baik untuk budidaya anggur dengan iklim tropis seperti di Indonesia.

Banyak orang pesimis, terutama tetangga saya bahwa anggur import seperti jenis ninel, jupiter, atau rizamat dapat berbuah di indonesia.

Faktanya, banyak teman2 kita yang sudah dapat membuahkan anggur import.

Kembali pada pokok pembahasan kita yaitu tentang lahan yang baik untuk tanaman anggur. Nah berikut adalah cara menyiapkan lahan untuk tanaman anggur.

Ada 2 syarat yang harus dipenuhi oleh calon petani anggur atau pembudidaya anggur. Pertama, letak lahan dan yang kedua jenis tanah.

Letak Lahan atau Kondisi Lahan

cara menyiapkan lahan untuk tanaman anggur
Kebun Anggur, Gambar by Pixabay

Kondisi lahan yang cocok untuk tanaman anggur harus terbuka agar tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup karena anggur membutuhkan cahaya matahari setidaknya 8 jam perhari.

Bukan hanya saja lahan terbuka yang baik untuk tanaman anggur, tetapi juga harus terlindung dari tiupan angin kencang karena dapat mengganggu penyerbukan dan pembuahan.

Bagi anda yang berada di daerah dengan angin kencang, para petani senior mengakalinya dengan membuat green house dengan plastik ultra violet ukuran 200 mikron atau 14%.

Pembuatan green house, selain untuk menghindari terpaan angin kencang juga menghindari penyakit pada tanaman anggur seperti oidium sp, atau jamur putih dan serangan hama belalang.

Jenis Tanah

Untuk syarat yang kedua yaitu jenis tanah.

Jenis tanah yang cocok untuk tanaman anggur sudah saya sampaikan dalam blog ini, silahkan cari memanfaatkan fitur cari di blog anggurindonesia.com.

Setelah mengetahui kedua syarat tersebut, kini saatnya sobat pengangguran menyiapkan lubang tanam.

Ada dua ukuran lubang tanam sesuai dengan karakteristik tanah.

  1. Ukuran 50 cm (panjang) x 50 cm (lebar) x 60 cm (dalam) untuk tanah bertekstur ringan
  2. Ukuran 75 cm x 75 cm x 75 cm untuk tanah bertekstur berat

Jarak antar lubang 4 m x 5 m untuj sistem para-para dan 2 m x 2 m untuk sistem teralis.

Untuk mendapatkan hasil yang baik. Lubang tanam dibiarkan 2-3 minggu agar terbebas dari mikroba pengganggu pertumbuhan tanaman.

Alangkah lebih baiknya kalau sobat pengangguran memasukan media tanam yang sudah diracik terlebih dahulu untuk mendapatkan pertumbuhan anggur yang vigor.

Demikian penjelasan singkat tentang cara menyiapkan lahan untuk tanaman anggur sobat.

Sumber: Balai Penelitian Tanah

__Terbit pada
Juli 6, 2020
__Kategori
catatan

Penulis: Rudi Prakoso

Hanya sebatas pengangguran junior, sebatas hobi berkelas teri yang penting HEPI hidup tidak sepi